Rabu, 04 Januari 2017

rangkuman bhs.indonesia



BAB 1
   BELAJAR MENDESKRIPSIKAN
A. MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI
1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Teks Deskripsi
   Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya. Daftarlah hal yang dideskripsikan dari keempat teks deskripsi
sebelumnya.
    Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek
secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.
Ciri Tujuan
   Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci
     objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
     penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
     rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/
     perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,
     mengalami apa yang dideskripsikan.
Ciri Objek yang dideskripsikan
    Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek
      tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).
Ciri Isi
Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan
  wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,
  menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga
  menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,
  kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).
2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Diskusikan hal-hal berikut
a. Jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b. Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari
     kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
B.MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI
Bacalah teks berikut dan pahami isinya!
  Teks 1
                       Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai
lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani
indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus
wajah kita)
Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada
terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)
Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan
Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku,
memasuki wisata ini Anda akan disambut)
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya
benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
Pemandangan bawah laut
Senggigi juga tidak kalah
memesona. Terumbu karang yang
masih terawat menyuguhkan
pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang
nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna
menambah keindahan bawah
laut Senggigi. Dengan snorkeling
maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan
bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.
C.MENELAAH STRUKTUR DAN BAHASA
    TEKS DESKRIPSI
Setelah mengenal ciri umum teks deskripsi, pada bagian ini kamu akan
mempelajari secara terperinci bagian-bagian/ struktur teks deskripsi dan
menelaah penggunaan bahasanya secara rinci.      
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

      1. identifikasi
      2. deskripsi bagian
      3. simpulan/ kesan 
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna
nama, pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan
subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,
komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
D.MENYAJIKAN LISAN DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Setelah membaca, menelaah, melengkapi beragam contoh teks deskripsi,
pada bagian ini kamu akan berkarya membuat teks deskripsi. Kegiatan bagian
ketiga ini mengasahmu untuk berkreasi menciptakan teks tanggapan deskripsi.
Saatnya berkarya dan yakinlah kamu pasti bisa.
Setelah kamu membaca beragam teks deskripsi, kamu akan berlatih membuat
teks deskripsi. Lakukan kegiatan berikut!

3.1 Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
Saatnya kamu sekarang berunjuk karya membuktikan pemahamanmu dalam
membuat dan menyajikan teks deskripsi baik lisan maupun tulis.
BAB 2
MEMAHAMI  DAN MENCIPTA CERITA FANTASI
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
1. Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita fantasi

2. Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi
    Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu
latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu
futuristik (masa yang akan datang) .
B.MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI YANG DIBACA/DIDENGAR
Ruang Dimensi Alpha

“Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku
gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia
dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba
itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia
mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu
12 jam.
“Aku harus membawa dia kembali!” teriakku.
Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium
dengan kesal. Ardi berteriak lantang ”Jangan main-main Don!” Ardi
menatapku dengan tajam. “Padahal..,” Erza tercekat, “Aku tahu Er kita
tinggal punya waktu 8 jam”. Aku terus berusaha meyakinkan sabahatsahabatku.
“ Jika kamu mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti
tamat riwayatmu.” Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.
Bahasa Indonesia 55
Isilah tabel berikut berdasarkan pemahamanmu!
Uraikan isi cerita fantasi dengan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaanpertanyaan
di bawah ini!
a. Urutkan kejadian yang dialami Doni pada cerita tersebut!
b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?
Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku
memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.
“Sistem oke!”
Manusia purba itu harus hidup. Setiap mahkluk berhak untuk hidup.
Aku yang membawanya, aku juga yang harus mengembalikannya. Orang
tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun
masalah yang kuhadapi.
Ku klik tombol ‘run’ pada layar monitor Lumina di depanku dan diikuti
gelombang biru mirip Aurora memenuhi ruangan. Pagar Asteroid terbuka
lebar, memberikan ruang cukup untuk kulewati bersama manusia purba
itu. Ruangan penuh asap dengan pohon-pohon yang meranggas. Hampir
8 jam, manusia purba tetap memegang tanganku. Kurang 10 menit aku
lepaskan tangan manusia purba. Kujabat erat dan aku lari menuju lorong
dimensi alpha. Kurang 10 menit lagi waktu yang tersisa dan aku masih
di lorong dimensi alpha. Aku berpikir ini takdir akhir hidupku. Tiba-tiba
kudengar teriakan keras dan goncangan hebat. Aku terlemapar kembali ke
laboratoriumku.
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA CERITA
1. MENELAAH STRUKTUR CERITA FANTASI
ORIENTASI     : mengenalkan latar atau tokoh
KOMPLIKASI : tempat timbulnya masalah hingga masalah menjadi memuncak
RESOLUSI      :   tempat penyelesaian masalah
D. Menyajikan Cerita Fantasi
1. Merencanakan Cerita
Langkah Menulis Cerita Fantasi

Langkah 1 Menemukan Ide Penulisan

Bagaimana menemukan ide cerita fantasi?
Menemukan ide dengan mengamati objek nyata lalu diberi imajinasi.
Menemukan ide cerita fantasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan
terhadap objek/ peristiwa di sekitar kita. Cerita fantasi dalam bentuk novel
yang lahir dari pengamatan terhadap komodo dan Pulau Komodo. Ugi
Agustono membuat cerita fantasi berdasarkan pengamatan terhadap komodo
dan Pulau Komodo.
Dari pengamatan
tersebut lahirlah cerita fantasi berikut.
Contoh
a. Amati alat-alat canggih teknologi tinggi?
b. Fantasikan apa yang bisa terjadi pada handphone, email, hal lain yang
berkaitan sehingga dihasilkan cerita fantasi!
Contoh
a. Amati lingkunganmu yang sudah sangat tercemar dengan plastik dan
aneka polutan.
b. Bayangkan tiba-tiba kamu terlempar ke 100 tahun mendatang dan
kondisi lingkungan yang penuh plastik dan lingkungan yang rusak.
BAB 3
MEWARISKAN BUDAYA MELALUI TEKS PROSEDUR
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk
memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan
secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh
hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur.
1. Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
Bacalah ketiga teks prosedur berikut.
Teks 1
                                  Cara Memainkan Angklung








1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara
    memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan
    horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat
    di tengah-tengah.
2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke
    atas atau pun ke bawah.
3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.
    Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri
    hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan
    maksimal.
4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan
     kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi
     angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung
     angklung rata dan nyaring.
5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi
    getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan
    rata.
6. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.
    Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita.
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
                     Membuat Batik Tulis

Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan teknik,
ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Batik sebagai warisan budaya yang
agung perlu kita lestarikan. Dengan latihan yang tekun dan semangat
melestarikan budaya, kita dapat belajar membuat batik tulis. Rincian
bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan berikut.
Bahan dan alat pembuatan batik tulis
1. canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif
     batik)
2. pensil pola
3. kain mori putih (kain sutera atau kain katun)
4. lilin malam (wax)
5. kompor atau alat pemanas lilin malam
6. bahan pewarna kain
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA PADA TEKS PROSEDUR
Pada bagian ini kamu akan mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur
teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa
dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini sebagai bekal kamu menghasilkan
teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini kamu akan berlatih
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki penggunaan bahasa
/ tanda baca ejaan, dan mengubah kalimat sehingga menjadi teks prosedur
yang baik.
Menelaah Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
Amati dan cermati contoh-contoh berikut!
a) Penggunaan Kalimat perintah
PERNYATAAN : Anda perlu memosisikan tubuh sejajar
dengan monitor.
PERINTAH : Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
b) Penggunaan Bentuk Pasif (untuk proses)
Instruksi/panduan dapat diberikan dalam bentuk pasif jika kita
ingin berbicara tentang proses, yaitu bagaimana sesuatu dibuat atau
dilaksanakan, bukan tentang bagaimana membuat atau melakukan
sesuatu. Penggunaan bentuk pasif dalam teks prosedur biasanya untuk
memberi saran tambahan atau peringatan supaya tidak terjadi kesalahan
fatal/ membahayakan.
AKTIF : Anda sebaiknya menekan tombol keyboard
dengan lembut.
PROSES PASIF : Tombol keyboard sebaiknya ditekan dengan
lembut.
c) Penggunaan kriteria/ batasan
Teks prosedur dibuat agar orang bisa melakukan seperti apa yang
ditulis. Oleh karena itu, kalimat pada teks prosedur harus rinci dan jelas
batasannya.
TANPA BATASAN : Angkat kaki kanan.
DENGAN BATASAN : Angkat kaki kanan setinggi lutut.
DENGAN BATASAN : Langkahkan kaki kanan dua kali dan
pada hitungan 4 bertepuk tangan.
D. Menulis dan Memeragakan Teks
Prosedur
Setelah kamu membaca beragam teks prosedur, berlatih menggunakan bahasa
dengan tekun, sekarang saatnya kamu membuat teks prosedur. Gurumu akan
memandu bagaiman tugas menulis mandiri ini akan dilakukan.

1. Latihan Membuat Teks Prosedur
Kamu akan menulis teks prosedur. Gurumu akan memandu tugas penyusunan
teks prosedur tentang bagaimana melakukan tari daerah, permainan
tradisional, atau membuat makanan tradisional yang ada di daerahmu. Tulis
delapan hingga sepuluh kalimat yang mengungkapkan apa yang sebaiknya
atau harus dilakukan oleh orang yang membaca teks prosedur tersebut.
Contoh:

Membuat rendang : Daging sebaiknya dimasak dengan api kecil
dan waktu yang lama.
Menari poco-poco : Sebaiknya ditarikan dengan lagu Poco-poco.

Struktur teks prosedur
1. Judul
    • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/
   dilakukan
    • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan
       penulisan
3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
    • Dapat berupa daftar/rincian
    • Dapat berupa paragraf
    • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan
       sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat
4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
    • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran




BAB 1
   BELAJAR MENDESKRIPSIKAN
A. MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI
1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Teks Deskripsi
   Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya. Daftarlah hal yang dideskripsikan dari keempat teks deskripsi
sebelumnya.
    Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek
secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.
Ciri Tujuan
   Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci
     objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
     penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
     rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/
     perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,
     mengalami apa yang dideskripsikan.
Ciri Objek yang dideskripsikan
    Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek
      tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).
Ciri Isi
Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan
  wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,
  menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga
  menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,
  kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).
2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Diskusikan hal-hal berikut
a. Jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b. Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari
     kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
B.MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI
Bacalah teks berikut dan pahami isinya!
  Teks 1
                       Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai
lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani
indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus
wajah kita)
Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada
terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)
Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan
Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku,
memasuki wisata ini Anda akan disambut)
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya
benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
Pemandangan bawah laut
Senggigi juga tidak kalah
memesona. Terumbu karang yang
masih terawat menyuguhkan
pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang
nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna
menambah keindahan bawah
laut Senggigi. Dengan snorkeling
maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan
bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.
C.MENELAAH STRUKTUR DAN BAHASA
    TEKS DESKRIPSI
Setelah mengenal ciri umum teks deskripsi, pada bagian ini kamu akan
mempelajari secara terperinci bagian-bagian/ struktur teks deskripsi dan
menelaah penggunaan bahasanya secara rinci.      
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

      1. identifikasi
      2. deskripsi bagian
      3. simpulan/ kesan 
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna
nama, pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan
subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,
komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
D.MENYAJIKAN LISAN DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Setelah membaca, menelaah, melengkapi beragam contoh teks deskripsi,
pada bagian ini kamu akan berkarya membuat teks deskripsi. Kegiatan bagian
ketiga ini mengasahmu untuk berkreasi menciptakan teks tanggapan deskripsi.
Saatnya berkarya dan yakinlah kamu pasti bisa.
Setelah kamu membaca beragam teks deskripsi, kamu akan berlatih membuat
teks deskripsi. Lakukan kegiatan berikut!

3.1 Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
Saatnya kamu sekarang berunjuk karya membuktikan pemahamanmu dalam
membuat dan menyajikan teks deskripsi baik lisan maupun tulis.
BAB 2
MEMAHAMI  DAN MENCIPTA CERITA FANTASI
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
1. Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita fantasi

2. Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi
    Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu
latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu
futuristik (masa yang akan datang) .
B.MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI YANG DIBACA/DIDENGAR
Ruang Dimensi Alpha

“Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku
gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia
dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba
itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia
mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu
12 jam.
“Aku harus membawa dia kembali!” teriakku.
Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium
dengan kesal. Ardi berteriak lantang ”Jangan main-main Don!” Ardi
menatapku dengan tajam. “Padahal..,” Erza tercekat, “Aku tahu Er kita
tinggal punya waktu 8 jam”. Aku terus berusaha meyakinkan sabahatsahabatku.
“ Jika kamu mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti
tamat riwayatmu.” Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.
Bahasa Indonesia 55
Isilah tabel berikut berdasarkan pemahamanmu!
Uraikan isi cerita fantasi dengan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaanpertanyaan
di bawah ini!
a. Urutkan kejadian yang dialami Doni pada cerita tersebut!
b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?
Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku
memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.
“Sistem oke!”
Manusia purba itu harus hidup. Setiap mahkluk berhak untuk hidup.
Aku yang membawanya, aku juga yang harus mengembalikannya. Orang
tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun
masalah yang kuhadapi.
Ku klik tombol ‘run’ pada layar monitor Lumina di depanku dan diikuti
gelombang biru mirip Aurora memenuhi ruangan. Pagar Asteroid terbuka
lebar, memberikan ruang cukup untuk kulewati bersama manusia purba
itu. Ruangan penuh asap dengan pohon-pohon yang meranggas. Hampir
8 jam, manusia purba tetap memegang tanganku. Kurang 10 menit aku
lepaskan tangan manusia purba. Kujabat erat dan aku lari menuju lorong
dimensi alpha. Kurang 10 menit lagi waktu yang tersisa dan aku masih
di lorong dimensi alpha. Aku berpikir ini takdir akhir hidupku. Tiba-tiba
kudengar teriakan keras dan goncangan hebat. Aku terlemapar kembali ke
laboratoriumku.
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA CERITA
1. MENELAAH STRUKTUR CERITA FANTASI
ORIENTASI     : mengenalkan latar atau tokoh
KOMPLIKASI : tempat timbulnya masalah hingga masalah menjadi memuncak
RESOLUSI      :   tempat penyelesaian masalah
D. Menyajikan Cerita Fantasi
1. Merencanakan Cerita
Langkah Menulis Cerita Fantasi

Langkah 1 Menemukan Ide Penulisan

Bagaimana menemukan ide cerita fantasi?
Menemukan ide dengan mengamati objek nyata lalu diberi imajinasi.
Menemukan ide cerita fantasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan
terhadap objek/ peristiwa di sekitar kita. Cerita fantasi dalam bentuk novel
yang lahir dari pengamatan terhadap komodo dan Pulau Komodo. Ugi
Agustono membuat cerita fantasi berdasarkan pengamatan terhadap komodo
dan Pulau Komodo.
Dari pengamatan
tersebut lahirlah cerita fantasi berikut.
Contoh
a. Amati alat-alat canggih teknologi tinggi?
b. Fantasikan apa yang bisa terjadi pada handphone, email, hal lain yang
berkaitan sehingga dihasilkan cerita fantasi!
Contoh
a. Amati lingkunganmu yang sudah sangat tercemar dengan plastik dan
aneka polutan.
b. Bayangkan tiba-tiba kamu terlempar ke 100 tahun mendatang dan
kondisi lingkungan yang penuh plastik dan lingkungan yang rusak.
BAB 3
MEWARISKAN BUDAYA MELALUI TEKS PROSEDUR
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk
memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan
secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh
hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur.
1. Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
Bacalah ketiga teks prosedur berikut.
Teks 1
                                  Cara Memainkan Angklung








1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara
    memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan
    horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat
    di tengah-tengah.
2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke
    atas atau pun ke bawah.
3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.
    Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri
    hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan
    maksimal.
4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan
     kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi
     angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung
     angklung rata dan nyaring.
5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi
    getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan
    rata.
6. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.
    Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita.
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
                     Membuat Batik Tulis

Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan teknik,
ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Batik sebagai warisan budaya yang
agung perlu kita lestarikan. Dengan latihan yang tekun dan semangat
melestarikan budaya, kita dapat belajar membuat batik tulis. Rincian
bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan berikut.
Bahan dan alat pembuatan batik tulis
1. canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif
     batik)
2. pensil pola
3. kain mori putih (kain sutera atau kain katun)
4. lilin malam (wax)
5. kompor atau alat pemanas lilin malam
6. bahan pewarna kain
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA PADA TEKS PROSEDUR
Pada bagian ini kamu akan mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur
teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa
dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini sebagai bekal kamu menghasilkan
teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini kamu akan berlatih
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki penggunaan bahasa
/ tanda baca ejaan, dan mengubah kalimat sehingga menjadi teks prosedur
yang baik.
Menelaah Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
Amati dan cermati contoh-contoh berikut!
a) Penggunaan Kalimat perintah
PERNYATAAN : Anda perlu memosisikan tubuh sejajar
dengan monitor.
PERINTAH : Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
b) Penggunaan Bentuk Pasif (untuk proses)
Instruksi/panduan dapat diberikan dalam bentuk pasif jika kita
ingin berbicara tentang proses, yaitu bagaimana sesuatu dibuat atau
dilaksanakan, bukan tentang bagaimana membuat atau melakukan
sesuatu. Penggunaan bentuk pasif dalam teks prosedur biasanya untuk
memberi saran tambahan atau peringatan supaya tidak terjadi kesalahan
fatal/ membahayakan.
AKTIF : Anda sebaiknya menekan tombol keyboard
dengan lembut.
PROSES PASIF : Tombol keyboard sebaiknya ditekan dengan
lembut.
c) Penggunaan kriteria/ batasan
Teks prosedur dibuat agar orang bisa melakukan seperti apa yang
ditulis. Oleh karena itu, kalimat pada teks prosedur harus rinci dan jelas
batasannya.
TANPA BATASAN : Angkat kaki kanan.
DENGAN BATASAN : Angkat kaki kanan setinggi lutut.
DENGAN BATASAN : Langkahkan kaki kanan dua kali dan
pada hitungan 4 bertepuk tangan.
D. Menulis dan Memeragakan Teks
Prosedur
Setelah kamu membaca beragam teks prosedur, berlatih menggunakan bahasa
dengan tekun, sekarang saatnya kamu membuat teks prosedur. Gurumu akan
memandu bagaiman tugas menulis mandiri ini akan dilakukan.

1. Latihan Membuat Teks Prosedur
Kamu akan menulis teks prosedur. Gurumu akan memandu tugas penyusunan
teks prosedur tentang bagaimana melakukan tari daerah, permainan
tradisional, atau membuat makanan tradisional yang ada di daerahmu. Tulis
delapan hingga sepuluh kalimat yang mengungkapkan apa yang sebaiknya
atau harus dilakukan oleh orang yang membaca teks prosedur tersebut.
Contoh:

Membuat rendang : Daging sebaiknya dimasak dengan api kecil
dan waktu yang lama.
Menari poco-poco : Sebaiknya ditarikan dengan lagu Poco-poco.

Struktur teks prosedur
1. Judul
    • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/
   dilakukan
    • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan
       penulisan
3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
    • Dapat berupa daftar/rincian
    • Dapat berupa paragraf
    • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan
       sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat
4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
    • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran




BAB 1
   BELAJAR MENDESKRIPSIKAN
A. MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI
1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Teks Deskripsi
   Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya. Daftarlah hal yang dideskripsikan dari keempat teks deskripsi
sebelumnya.
    Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek
secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.
Ciri Tujuan
   Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci
     objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
     penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
     rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/
     perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,
     mengalami apa yang dideskripsikan.
Ciri Objek yang dideskripsikan
    Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek
      tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).
Ciri Isi
Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan
  wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,
  menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga
  menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,
  kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).
2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Diskusikan hal-hal berikut
a. Jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b. Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari
     kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
B.MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI
Bacalah teks berikut dan pahami isinya!
  Teks 1
                       Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai
lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani
indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus
wajah kita)
Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada
terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)
Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan
Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku,
memasuki wisata ini Anda akan disambut)
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya
benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
Pemandangan bawah laut
Senggigi juga tidak kalah
memesona. Terumbu karang yang
masih terawat menyuguhkan
pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang
nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna
menambah keindahan bawah
laut Senggigi. Dengan snorkeling
maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan
bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.
C.MENELAAH STRUKTUR DAN BAHASA
    TEKS DESKRIPSI
Setelah mengenal ciri umum teks deskripsi, pada bagian ini kamu akan
mempelajari secara terperinci bagian-bagian/ struktur teks deskripsi dan
menelaah penggunaan bahasanya secara rinci.      
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

      1. identifikasi
      2. deskripsi bagian
      3. simpulan/ kesan 
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna
nama, pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan
subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,
komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
D.MENYAJIKAN LISAN DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Setelah membaca, menelaah, melengkapi beragam contoh teks deskripsi,
pada bagian ini kamu akan berkarya membuat teks deskripsi. Kegiatan bagian
ketiga ini mengasahmu untuk berkreasi menciptakan teks tanggapan deskripsi.
Saatnya berkarya dan yakinlah kamu pasti bisa.
Setelah kamu membaca beragam teks deskripsi, kamu akan berlatih membuat
teks deskripsi. Lakukan kegiatan berikut!

3.1 Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
Saatnya kamu sekarang berunjuk karya membuktikan pemahamanmu dalam
membuat dan menyajikan teks deskripsi baik lisan maupun tulis.
BAB 2
MEMAHAMI  DAN MENCIPTA CERITA FANTASI
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
1. Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita fantasi

2. Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi
    Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu
latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu
futuristik (masa yang akan datang) .
B.MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI YANG DIBACA/DIDENGAR
Ruang Dimensi Alpha

“Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku
gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia
dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba
itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia
mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu
12 jam.
“Aku harus membawa dia kembali!” teriakku.
Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium
dengan kesal. Ardi berteriak lantang ”Jangan main-main Don!” Ardi
menatapku dengan tajam. “Padahal..,” Erza tercekat, “Aku tahu Er kita
tinggal punya waktu 8 jam”. Aku terus berusaha meyakinkan sabahatsahabatku.
“ Jika kamu mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti
tamat riwayatmu.” Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.
Bahasa Indonesia 55
Isilah tabel berikut berdasarkan pemahamanmu!
Uraikan isi cerita fantasi dengan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaanpertanyaan
di bawah ini!
a. Urutkan kejadian yang dialami Doni pada cerita tersebut!
b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?
Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku
memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.
“Sistem oke!”
Manusia purba itu harus hidup. Setiap mahkluk berhak untuk hidup.
Aku yang membawanya, aku juga yang harus mengembalikannya. Orang
tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun
masalah yang kuhadapi.
Ku klik tombol ‘run’ pada layar monitor Lumina di depanku dan diikuti
gelombang biru mirip Aurora memenuhi ruangan. Pagar Asteroid terbuka
lebar, memberikan ruang cukup untuk kulewati bersama manusia purba
itu. Ruangan penuh asap dengan pohon-pohon yang meranggas. Hampir
8 jam, manusia purba tetap memegang tanganku. Kurang 10 menit aku
lepaskan tangan manusia purba. Kujabat erat dan aku lari menuju lorong
dimensi alpha. Kurang 10 menit lagi waktu yang tersisa dan aku masih
di lorong dimensi alpha. Aku berpikir ini takdir akhir hidupku. Tiba-tiba
kudengar teriakan keras dan goncangan hebat. Aku terlemapar kembali ke
laboratoriumku.
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA CERITA
1. MENELAAH STRUKTUR CERITA FANTASI
ORIENTASI     : mengenalkan latar atau tokoh
KOMPLIKASI : tempat timbulnya masalah hingga masalah menjadi memuncak
RESOLUSI      :   tempat penyelesaian masalah
D. Menyajikan Cerita Fantasi
1. Merencanakan Cerita
Langkah Menulis Cerita Fantasi

Langkah 1 Menemukan Ide Penulisan

Bagaimana menemukan ide cerita fantasi?
Menemukan ide dengan mengamati objek nyata lalu diberi imajinasi.
Menemukan ide cerita fantasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan
terhadap objek/ peristiwa di sekitar kita. Cerita fantasi dalam bentuk novel
yang lahir dari pengamatan terhadap komodo dan Pulau Komodo. Ugi
Agustono membuat cerita fantasi berdasarkan pengamatan terhadap komodo
dan Pulau Komodo.
Dari pengamatan
tersebut lahirlah cerita fantasi berikut.
Contoh
a. Amati alat-alat canggih teknologi tinggi?
b. Fantasikan apa yang bisa terjadi pada handphone, email, hal lain yang
berkaitan sehingga dihasilkan cerita fantasi!
Contoh
a. Amati lingkunganmu yang sudah sangat tercemar dengan plastik dan
aneka polutan.
b. Bayangkan tiba-tiba kamu terlempar ke 100 tahun mendatang dan
kondisi lingkungan yang penuh plastik dan lingkungan yang rusak.
BAB 3
MEWARISKAN BUDAYA MELALUI TEKS PROSEDUR
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk
memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan
secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh
hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur.
1. Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
Bacalah ketiga teks prosedur berikut.
Teks 1
                                  Cara Memainkan Angklung








1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara
    memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan
    horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat
    di tengah-tengah.
2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke
    atas atau pun ke bawah.
3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.
    Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri
    hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan
    maksimal.
4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan
     kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi
     angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung
     angklung rata dan nyaring.
5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi
    getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan
    rata.
6. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.
    Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita.
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
                     Membuat Batik Tulis

Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan teknik,
ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Batik sebagai warisan budaya yang
agung perlu kita lestarikan. Dengan latihan yang tekun dan semangat
melestarikan budaya, kita dapat belajar membuat batik tulis. Rincian
bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan berikut.
Bahan dan alat pembuatan batik tulis
1. canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif
     batik)
2. pensil pola
3. kain mori putih (kain sutera atau kain katun)
4. lilin malam (wax)
5. kompor atau alat pemanas lilin malam
6. bahan pewarna kain
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA PADA TEKS PROSEDUR
Pada bagian ini kamu akan mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur
teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa
dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini sebagai bekal kamu menghasilkan
teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini kamu akan berlatih
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki penggunaan bahasa
/ tanda baca ejaan, dan mengubah kalimat sehingga menjadi teks prosedur
yang baik.
Menelaah Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
Amati dan cermati contoh-contoh berikut!
a) Penggunaan Kalimat perintah
PERNYATAAN : Anda perlu memosisikan tubuh sejajar
dengan monitor.
PERINTAH : Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
b) Penggunaan Bentuk Pasif (untuk proses)
Instruksi/panduan dapat diberikan dalam bentuk pasif jika kita
ingin berbicara tentang proses, yaitu bagaimana sesuatu dibuat atau
dilaksanakan, bukan tentang bagaimana membuat atau melakukan
sesuatu. Penggunaan bentuk pasif dalam teks prosedur biasanya untuk
memberi saran tambahan atau peringatan supaya tidak terjadi kesalahan
fatal/ membahayakan.
AKTIF : Anda sebaiknya menekan tombol keyboard
dengan lembut.
PROSES PASIF : Tombol keyboard sebaiknya ditekan dengan
lembut.
c) Penggunaan kriteria/ batasan
Teks prosedur dibuat agar orang bisa melakukan seperti apa yang
ditulis. Oleh karena itu, kalimat pada teks prosedur harus rinci dan jelas
batasannya.
TANPA BATASAN : Angkat kaki kanan.
DENGAN BATASAN : Angkat kaki kanan setinggi lutut.
DENGAN BATASAN : Langkahkan kaki kanan dua kali dan
pada hitungan 4 bertepuk tangan.
D. Menulis dan Memeragakan Teks
Prosedur
Setelah kamu membaca beragam teks prosedur, berlatih menggunakan bahasa
dengan tekun, sekarang saatnya kamu membuat teks prosedur. Gurumu akan
memandu bagaiman tugas menulis mandiri ini akan dilakukan.

1. Latihan Membuat Teks Prosedur
Kamu akan menulis teks prosedur. Gurumu akan memandu tugas penyusunan
teks prosedur tentang bagaimana melakukan tari daerah, permainan
tradisional, atau membuat makanan tradisional yang ada di daerahmu. Tulis
delapan hingga sepuluh kalimat yang mengungkapkan apa yang sebaiknya
atau harus dilakukan oleh orang yang membaca teks prosedur tersebut.
Contoh:

Membuat rendang : Daging sebaiknya dimasak dengan api kecil
dan waktu yang lama.
Menari poco-poco : Sebaiknya ditarikan dengan lagu Poco-poco.

Struktur teks prosedur
1. Judul
    • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/
   dilakukan
    • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan
       penulisan
3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
    • Dapat berupa daftar/rincian
    • Dapat berupa paragraf
    • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan
       sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat
4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
    • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran




BAB 1
   BELAJAR MENDESKRIPSIKAN
A. MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI
1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Teks Deskripsi
   Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan
umumnya. Daftarlah hal yang dideskripsikan dari keempat teks deskripsi
sebelumnya.
    Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek
secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.
Ciri Tujuan
   Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci
     objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
     penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
     rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/
     perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,
     mengalami apa yang dideskripsikan.
Ciri Objek yang dideskripsikan
    Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek
      tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).
Ciri Isi
Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan
  wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,
  menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga
  menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,
  kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).
2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Diskusikan hal-hal berikut
a. Jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b. Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari
     kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
B.MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI
Bacalah teks berikut dan pahami isinya!
  Teks 1
                       Pesona Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara
Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai
Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan
bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap
wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang
lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis
pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam
Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai
lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani
indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus
wajah kita)
Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada
terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)
Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan
Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku,
memasuki wisata ini Anda akan disambut)
membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang
di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan
tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih
putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh
nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya
benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
Pemandangan bawah laut
Senggigi juga tidak kalah
memesona. Terumbu karang yang
masih terawat menyuguhkan
pemandangan alam bawah laut
yang memukau. Terumbu karang
nampak berwarna-warni sangat
indah. Ikan beraneka warna
menambah keindahan bawah
laut Senggigi. Dengan snorkeling
maupun menyelam anda dapat
menyaksikan pemandangan
bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa
mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak
terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah
keindahan taman laut di Senggigi.
C.MENELAAH STRUKTUR DAN BAHASA
    TEKS DESKRIPSI
Setelah mengenal ciri umum teks deskripsi, pada bagian ini kamu akan
mempelajari secara terperinci bagian-bagian/ struktur teks deskripsi dan
menelaah penggunaan bahasanya secara rinci.      
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

      1. identifikasi
      2. deskripsi bagian
      3. simpulan/ kesan 
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna
nama, pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan
subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,
komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
D.MENYAJIKAN LISAN DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Setelah membaca, menelaah, melengkapi beragam contoh teks deskripsi,
pada bagian ini kamu akan berkarya membuat teks deskripsi. Kegiatan bagian
ketiga ini mengasahmu untuk berkreasi menciptakan teks tanggapan deskripsi.
Saatnya berkarya dan yakinlah kamu pasti bisa.
Setelah kamu membaca beragam teks deskripsi, kamu akan berlatih membuat
teks deskripsi. Lakukan kegiatan berikut!

3.1 Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
Saatnya kamu sekarang berunjuk karya membuktikan pemahamanmu dalam
membuat dan menyajikan teks deskripsi baik lisan maupun tulis.
BAB 2
MEMAHAMI  DAN MENCIPTA CERITA FANTASI
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
1. Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita fantasi

2. Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi
    Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu
latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu
futuristik (masa yang akan datang) .
B.MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI YANG DIBACA/DIDENGAR
Ruang Dimensi Alpha

“Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut. Aku
gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia
dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba
itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia
mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu
12 jam.
“Aku harus membawa dia kembali!” teriakku.
Erza menghempaskan tubuhnya pada meja kontrol laboratorium
dengan kesal. Ardi berteriak lantang ”Jangan main-main Don!” Ardi
menatapku dengan tajam. “Padahal..,” Erza tercekat, “Aku tahu Er kita
tinggal punya waktu 8 jam”. Aku terus berusaha meyakinkan sabahatsahabatku.
“ Jika kamu mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti
tamat riwayatmu.” Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.
Bahasa Indonesia 55
Isilah tabel berikut berdasarkan pemahamanmu!
Uraikan isi cerita fantasi dengan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaanpertanyaan
di bawah ini!
a. Urutkan kejadian yang dialami Doni pada cerita tersebut!
b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?
Aku mengotak-atik komputer Luminaku dengan cepat. Aku
memutuskan untuk tetap mengembalikan manusia purba itu.
“Sistem oke!”
Manusia purba itu harus hidup. Setiap mahkluk berhak untuk hidup.
Aku yang membawanya, aku juga yang harus mengembalikannya. Orang
tuaku tak pernah mengajarkanku untuk melarikan diri sesulit apapun
masalah yang kuhadapi.
Ku klik tombol ‘run’ pada layar monitor Lumina di depanku dan diikuti
gelombang biru mirip Aurora memenuhi ruangan. Pagar Asteroid terbuka
lebar, memberikan ruang cukup untuk kulewati bersama manusia purba
itu. Ruangan penuh asap dengan pohon-pohon yang meranggas. Hampir
8 jam, manusia purba tetap memegang tanganku. Kurang 10 menit aku
lepaskan tangan manusia purba. Kujabat erat dan aku lari menuju lorong
dimensi alpha. Kurang 10 menit lagi waktu yang tersisa dan aku masih
di lorong dimensi alpha. Aku berpikir ini takdir akhir hidupku. Tiba-tiba
kudengar teriakan keras dan goncangan hebat. Aku terlemapar kembali ke
laboratoriumku.
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA CERITA
1. MENELAAH STRUKTUR CERITA FANTASI
ORIENTASI     : mengenalkan latar atau tokoh
KOMPLIKASI : tempat timbulnya masalah hingga masalah menjadi memuncak
RESOLUSI      :   tempat penyelesaian masalah
D. Menyajikan Cerita Fantasi
1. Merencanakan Cerita
Langkah Menulis Cerita Fantasi

Langkah 1 Menemukan Ide Penulisan

Bagaimana menemukan ide cerita fantasi?
Menemukan ide dengan mengamati objek nyata lalu diberi imajinasi.
Menemukan ide cerita fantasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan
terhadap objek/ peristiwa di sekitar kita. Cerita fantasi dalam bentuk novel
yang lahir dari pengamatan terhadap komodo dan Pulau Komodo. Ugi
Agustono membuat cerita fantasi berdasarkan pengamatan terhadap komodo
dan Pulau Komodo.
Dari pengamatan
tersebut lahirlah cerita fantasi berikut.
Contoh
a. Amati alat-alat canggih teknologi tinggi?
b. Fantasikan apa yang bisa terjadi pada handphone, email, hal lain yang
berkaitan sehingga dihasilkan cerita fantasi!
Contoh
a. Amati lingkunganmu yang sudah sangat tercemar dengan plastik dan
aneka polutan.
b. Bayangkan tiba-tiba kamu terlempar ke 100 tahun mendatang dan
kondisi lingkungan yang penuh plastik dan lingkungan yang rusak.
BAB 3
MEWARISKAN BUDAYA MELALUI TEKS PROSEDUR
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk
memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan
secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh
hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur.
1. Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
Bacalah ketiga teks prosedur berikut.
Teks 1
                                  Cara Memainkan Angklung








1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara
    memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan
    horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat
    di tengah-tengah.
2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke
    atas atau pun ke bawah.
3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.
    Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri
    hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan
    maksimal.
4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan
     kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi
     angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung
     angklung rata dan nyaring.
5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi
    getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan
    rata.
6. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.
    Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita.
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
                     Membuat Batik Tulis

Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan teknik,
ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Batik sebagai warisan budaya yang
agung perlu kita lestarikan. Dengan latihan yang tekun dan semangat
melestarikan budaya, kita dapat belajar membuat batik tulis. Rincian
bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan berikut.
Bahan dan alat pembuatan batik tulis
1. canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif
     batik)
2. pensil pola
3. kain mori putih (kain sutera atau kain katun)
4. lilin malam (wax)
5. kompor atau alat pemanas lilin malam
6. bahan pewarna kain
C.MENELAAH STUKTUR DAN BAHASA PADA TEKS PROSEDUR
Pada bagian ini kamu akan mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur
teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa
dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini sebagai bekal kamu menghasilkan
teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini kamu akan berlatih
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki penggunaan bahasa
/ tanda baca ejaan, dan mengubah kalimat sehingga menjadi teks prosedur
yang baik.
Menelaah Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
Amati dan cermati contoh-contoh berikut!
a) Penggunaan Kalimat perintah
PERNYATAAN : Anda perlu memosisikan tubuh sejajar
dengan monitor.
PERINTAH : Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
b) Penggunaan Bentuk Pasif (untuk proses)
Instruksi/panduan dapat diberikan dalam bentuk pasif jika kita
ingin berbicara tentang proses, yaitu bagaimana sesuatu dibuat atau
dilaksanakan, bukan tentang bagaimana membuat atau melakukan
sesuatu. Penggunaan bentuk pasif dalam teks prosedur biasanya untuk
memberi saran tambahan atau peringatan supaya tidak terjadi kesalahan
fatal/ membahayakan.
AKTIF : Anda sebaiknya menekan tombol keyboard
dengan lembut.
PROSES PASIF : Tombol keyboard sebaiknya ditekan dengan
lembut.
c) Penggunaan kriteria/ batasan
Teks prosedur dibuat agar orang bisa melakukan seperti apa yang
ditulis. Oleh karena itu, kalimat pada teks prosedur harus rinci dan jelas
batasannya.
TANPA BATASAN : Angkat kaki kanan.
DENGAN BATASAN : Angkat kaki kanan setinggi lutut.
DENGAN BATASAN : Langkahkan kaki kanan dua kali dan
pada hitungan 4 bertepuk tangan.
D. Menulis dan Memeragakan Teks
Prosedur
Setelah kamu membaca beragam teks prosedur, berlatih menggunakan bahasa
dengan tekun, sekarang saatnya kamu membuat teks prosedur. Gurumu akan
memandu bagaiman tugas menulis mandiri ini akan dilakukan.

1. Latihan Membuat Teks Prosedur
Kamu akan menulis teks prosedur. Gurumu akan memandu tugas penyusunan
teks prosedur tentang bagaimana melakukan tari daerah, permainan
tradisional, atau membuat makanan tradisional yang ada di daerahmu. Tulis
delapan hingga sepuluh kalimat yang mengungkapkan apa yang sebaiknya
atau harus dilakukan oleh orang yang membaca teks prosedur tersebut.
Contoh:

Membuat rendang : Daging sebaiknya dimasak dengan api kecil
dan waktu yang lama.
Menari poco-poco : Sebaiknya ditarikan dengan lagu Poco-poco.

Struktur teks prosedur
1. Judul
    • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/
   dilakukan
    • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
    • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan
       penulisan
3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
    • Dapat berupa daftar/rincian
    • Dapat berupa paragraf
    • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan
       sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat
4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
    • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran


1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/minum-jus-bit-taip-hari-ampuh-turunkan.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/kisah-pria-lulusan-sd-yang-sukses-jadi.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/suplemen-vitamin-biasa-dipakai.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus